shutterstock_191172170

Coklat, siapa yang tak suka dengan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao) ini. Rasa yang unik membuat coklat digemari banyak orang. Joel Glenn Benner -seorang penulis asal Amerika- dalam bukunya berjudul Emperors of Chocolate mengatakan bahwa rasa coklat sebenarnya masih sulit didefinisikan karena terdiri dari 1200 macam zat. Oleh karena itu, sampai kini belum ada rasa coklat tiruan.

Efek psikologis yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi coklat juga merupakan alasan orang menyukai coklat. Coklat mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Theobromine dalam coklat dapat menstimulasi jaringan saraf dan jantung yang membuat kamu terjaga dan bersemangat. Coklat juga mengandung phenylethylamine yang berfungsi membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine yang akan menyebabkan perasaan gembira dan meningkatkan rasa tertarik. Kandungan antioksidan dalam coklat berupa fenol dan flavonoid juga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau!

Walaupun coklat banyak manfaatnya, jangan coba-coba memberi makan hewan kesayanganmu dengan coklat ya. Karena coklat bisa menjadi racun untuk hewan tertentu seperti kuda, anjing, kucing, burung kakatua, dan tikus. ini dikarenakan metabolisme tubuh mereka tidak dapat mencerna kandungan kimia dalam coklat secara efektif. Kalau mereka tak sengaja memakan coklat, segera rangsang mereka agar memuntahkan coklat dan bawalah ke dokter hewan

Namun kamu perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi coklat. Pilihlah coklat di HappyFresh yang kandungan gulanya paling rendah supaya kamu mendapatkan manfaatnya. Dark chocolate mengandung kakao paling tinggi yaitu sekitar 70% serta rendah gula dan lemak jenuh. Sedangkan white chocolate hanya mengandung 33% kakao, sisanya adalah gula, susu, dan vanilla. Kandungan gula inilah yang menimbulkan efek negatif seperti kerusakan gigi, diabetes, dan obesitas.

Selamat menikmati coklat favoritmu!